Jumat, 16 Maret 2012

Kenali Diri Anda (Find Yourself in Yourself) ^_^


Pernahkah ANDA bertanya pada diri ANDA sendiri tentang siapa dan bagaimana diri ANDA ???
Pasti walau pun tidak sering, ANDA pernah bertanya akan hal itu pada diri ANDA sendiri.
Menurut pendapat logika, dalam sebuah kehidupan , jika ANDA bertanya pada diri ANDA sendiri tentang hal tersebut, maka ANDA belum mengenali diri ANDA secara mendalam. Perlu diketahui, jika ANDA bisa mengetahui tentang diri ANDA sendiri secara mendalam, maka Insyaallah kehidupan ANDA “nyaris” berjalan tanpa gangguan pada diri ANDA. Sebab dengan anda mengenali diri ANDA, maka ANDA bisa memahami apa dan bagaimana cara mengatasi apa yang terjadi pada diri ANDA.



Example  :

Mengenai kesehatan ANDA. 

Orang-orang di sekitar ANDA sedang mengalami sakit yang disebabkan oleh suatu virus. Misal penyakitnya adalah penyakit “Cacar Air”. Konon kabarnya, virus ini mudah sekali menular kepada orang yang sebelumnya belum pernah terkena virus ini. Namun, jika ANDA tidak tertular virus ini, padahal orang-orang di sekitar ANDA banyak yang sedang tertular virus ini, itu tandanya ANDA mampu mengenali diri ANDA sendiri dalam segi menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ANDA.

Mengenai style mode penanmpilan ANDA

Saat ini sedang marak style mode as like celebrity… Banyak orang yang tanpa penyesuaian main beli aja, main pakai saja, tanpa melihat bagaimana pantas atau tidaknya dikenakan. Sebenarnya itu pun juga salah satu pengkarakteran diri. Jika ANDA mampu mengenali diri ANDA secara rinci, bagaimana tinggi badan ANDA, bagaimana lebar ANDA, bagaimana postur tubuh ANDA, bagaimana tipe sifat ANDA, bagaimana model pakaian yang pantas ANDA kenakan, dll. Itu semua perlu untuk menentukan keseimbangan hidup ANDA tanpa terlihat aneh dan kurang pas. Sesuaikan apa pun dengan ukuran ANDA, sesuaikan dengan diri ANDA.  Apa yang ANDA lihat indah, baik, dan pantas dikenakan orang lain, belum tentu juga pantas ANDA kenakan. Orang yang terlihat sangat sesuai dengan apa yang ia kenakan, dan tak pernah terlihat tak pantas, itu tandanya orang itu sudah bisa mengatur dan menentukan apa yang pantas untuk dirinya. Dan yakinlah, ANDA bukan cuma bisa melihat keindahan orang, tapi ANDA pun juga bisa menjadi indah di mata orang, yaitu dengan pengenalan diri yang baik, sehingga akhirnya ANDA bisa melakukan penyesuaian yang baik dan membuat ANDA terlihat indah.

Mengenai Pemikiran

ANDA pasti tahu, bagaimana yang baik dan bagaimana yang kurang baik. Namun perlu ANDA ingat dan perhatikan, bahwa kebaikan dan keburukan orang tak bisa ditebak-tebak dengan pemikiran ANDA. Jika ANDA adalah orang yang baik, pastinya ANDA tau yang terbaik yang harus ANDA lakukan. Inilah kesulitan orang dalam mengenali dirinya. Banyak orang yang dianggap gagal, tak bisa mengenali dirinya dengan baik karena hal yang satu ini, yaitu “Su’udzon”. Jika ANDA mengenali diri ANDA, pasti nya ANDA akan menyayangi diri ANDA dan menuntunnya ke sesuatu yang benar. Jika ANDA mengenali diri ANDA, pastinya ANDA akan mengisi pikiran ANDA dengan pikiran-pikiran yang positif. Namun tidak pada realitanya. Orang-orang banyak yang sudah mengenali dirinya masing-masing, dan mampu membayangkan serta merencanakan apa yang akan datang, namun mereka masih saja berfikiran buruk terhadap orang lain karena keegoisan mereka. Apa yang mereka / ANDA pikirkan benar, itu belum tentu dianggap benar juga oleh orang lain, begitu pun dengan apa yang ANDA anggap negative, belum tentu dianggap negative pula oleh orang lain. Oleh karena itu, seharusnya ANDA yang merasa telah mengenali diri ANDA sendiri, betapa baiknya jika ANDA menjaga pikiran ANDA agar tak mencela, berfikiran buruk, apa lagi hingga memfitnah orang lain yang bisa saja itu juga adalah teman ANDA sendiri. Anda yang dewasa, seharusnya mampu menjaga semua agar tak negative.
ANDA jangan terlalu “ANTI”, dan juga jangan terlalu “SUKA” akan sesuatu hal. Sebab apa ? itu hanya akan membunuh ANDA sendiri . Memang, pendirian yang teguh sangat baik, namun semua itu butuh pengertian dan penyesuaian situasi dan kondisi. Sebab setiap orang itu berbeda-beda. Bisa saja apa yang ANDA anggap benar, dianggap SALAH !
Oleh karena itu, jaga pkiran ANDA. Semua ANDA yang menentukan, hidup untuk kedamaian, atau hidup untuk permusuhan hanya karena sifat kekanak-kanakan ANDA . :)

(to be continue)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar